Mengenali Bakat Anak, Kenalkan Anak Pada Banyak Hal dan Jangan Dibatasi

Tiap anak memiliki bakat masing-masing. Jika dikenali sedini mungkin dan di asah maka akan dapat berkembang secara maksimal.

Editor: Rahimin
tribunjambi/ade setyawati
Tresya Harianto dan Arsya Putra Arisman. 

Mengenali Bakat Anak, Kenalkan Anak Pada Banyak Hal dan Jangan Dibatasi 

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI - Tiap anak memiliki bakat masing-masing. Jika dikenali sedini mungkin dan di asah maka anak akan dapat berkembang secara maksimal.

Meskipun hal ini terlihat sepele, namun sangat berdampak di masa depan anak dan juga turut mempengaruhi keberhasilannya pada masa depan.

Menurut Tresya Harianto (30), Mengenali bakat anak penting juga mengenalkan sebanyak mungkin kesempatan, pengetahuan dan keterampilan lainnya pada anak Arsya Putra Arisman (1).

"Mengenali bakat anak sejak dini itu penting, agar bisa segera di arahkan, kenalkan anak pada banyak hal, jangan terlalu membatasi anak, bukan hanya sekedar menebak-nebak atau terlalu cepat menyimpulkan bakat anak, karena memang masih berubah-rubah," jelasnya.

Cara mengetahui bakat anak ialah mengenalkan lebih banyak hal kepada anak, agar mengetahui apa yang lebih menonjol pada anak.

"Cara mengetahui bakat anak itu bisa dengan mengenalkan anak ke banyak hal, seperti mulai memberikan anak lebih banyak kesempatan mencoba, bidang pengetahuan maupun memperkenalkan anak pada keterampilan," tambahnya.

Tresya Harianto dan Arsya Putra Arisman.
Tresya Harianto dan Arsya Putra Arisman. (tribunjambi/ade setyawati)

Sedangkan di masa sekarang ini, tidak sedikit juga orang tua yang agak membatasi anak khususnya untuk memberikan kesempatan mencoba hal baru karena khawatir dan alasan lainnya.

"Memang banyak sekarang orang tua membatasi anak akrena memang khawatir pada anak, namun mulai lah kita sebagai orang tua untuk mempercayai anak, dan memperkenalkan banyak hal lagi," lanjutnya.

Untuk Arsya, di umurnya sekarang Tyare mulai memperkenalkan banyak hal, dan mulai memahami seperti apa mau anak.

"Misalnya jika saya sholat, zikir, ngaji atau hal lain ajak anak, kenalkan dia, agar dia tau dan mengerti, untuk Arsya sekarang suka sekali mendengarkan ayat-ayat Al-Qur'an, pinter joget dan juga suka mendengarkan musik," ujarnya.

Baca juga: Arti Penting Media Sosial Bagi Syantika Widya Sari, Membantu Generasi Milenial Mandiri

Baca juga: Masyarakat Terapkan Hidup Sehat Dengan Berolahraga Saat Pandemi, Padati Arena Joging di Kota Jambi

Dia mengatakan, meskipun mengenalkan anak pada banyak hal terdengar sepele, namun ini sangat penting bagi anak, baik untuk mental nya, pembentukan karakter nya, pengetahuannya dan lain sebagainya, dan ini sangat berdampak bagi anak, mari kita kenalkan anak-anak dengan hal positif lebih banyak lagi.(tribun jambi/ade setyawati)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved