Cari Jitu Atasi Kecanduan Gadget Pada Anak Kita, Orang Tua Harus Bisa Menjadi Sahabat

Mengatasi anak kecanduan gadget berbeda antara masih anak dan usia remaja. penggunaan gadget di kalangan anak-anak maupun remaja semakin berlebihan

Editor: Rahimin
istimewa
Cari Jitu Atasi Kecanduan Gadget Pada Anak Kita, Orang Tua Harus Bisa Menjadi Sahabat 

Cari Jitu Atasi Kecanduan Gadget Pada Anak Kita, Orang Tua Harus Bisa Menjadi Sahabat

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mengatasi anak kecanduan gadget berbeda antara masih anak-anak dan usia remaja.

Ketika anak masih anak-anak orang tua harus tetap menjadi orang tua dan ketika anak dewasa orang tua harus menjadi teman.

Selama masa Pandemi Covid-19 seluruh proses pembelajaran menggunakan metode online, mulai dari anak Paud, TK, SD, SMP, SMA maupun universitas.

Akibat dari hal tersebut, penggunaan gadget di kalangan anak-anak maupun remaja semakin berlebihan dan di luar kontrol orang tua.

Untuk mengatasi hal tersebut, antara anak-anak dan remaja tidak bisa menggunakan cara yang sama, harus mengguankan cara yang berbeda. 

Hal ini dikatakan Rifka Nadiyah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi.

"Cara menghentikan kecanduan gadget untuk anak remaja itu, orang tua harus bisa menjadi sahabat, berbicara dengan bahasa yang bisa diterima anak," katanya.

"Pada usia remaja, anak sudah mengerti dampak penggunaan gadget yabg berlebihan, hanya saja tidak memperdulikan hal tersebut, anak harus bisa mengubah mindset nya dengan dibantu orang tua, harus tau mana waktu prioritas dan mana saat nya main smart phone, jangan seharian dihabiskan main smart phone," sambungnya.

Sedangkan untuk anak-anak, orang tua harus tetap menjadi orang tua, tetap tegas kepada anak, dan dimasa-masa ini peran orang tua harus ekstra dalam mengawasi anak.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved