Dukung Kawasan Industri Kemingking, Pj Gubernur Jambi Harapkan Itu Bisa Memakmuran Provinsi Jambi

Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni, menyatakan mendukung pembangunan Kawasan Industri Kemingking

Editor: Rahimin
tribunjambi/zulkifli
Pj Gubernur Jambi saat bertemu pihak perusahaan pengembang Kawasan Industri Kemingking, PT Kemingking Eco Park di Desa Kemingking Kabupaten Muaro Jambi. 

Dukung Kawasan Industri Kemingking, Pj Gubernur Jambi Harapkan Itu Bisa Memakmuran Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI - Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni, menyatakan mendukung pembangunan Kawasan Industri Kemingking, untuk memakmurkan Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Muaro Jambi.

Hal tersebut dikemukakannya saat pertemuan dengan pihak perusahaan pengembang Kawasan Industri Kemingking, PT Kemingking Eco Park di Desa Kemingking Kabupaten Muaro Jambi, lokasi yang disiapkan untuk kawasan industri tersebut, Sabtu (20/2/2021) siang.

Bupati Muaro Jambi, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi, dan para OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemkab Muaro Jambi turut serta dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Cerita Yuli Tidur Depan Ruangan UGD Rumah Sakit Saat Jaga Ayah, Sering Berpapasan Sama Pasien Corona

Baca juga: Daftar Kecamatan dan Desa di Kabupaten Muarojambi Yang Dilintasi Tol Betung-Jambi

Setelah menyimak paparan dari pihak PT Kemingking Eco Park, Bupati Muaro Jambi, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, dan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi yang dulu menjabat sebagai Kepala Bappeda Provinsi Jambi, yang pada intinya ingin agar Kawasan Industri Kemingking terwujud, Hari Nur Cahya Murni turut mendukung agar pembangunan Kawasan Industri Kemingking tersebut bisa terlaksana.

”Kita dengar tadi semuanya mendukung, meskipun ada catatan-catatan, semua catatan-catatan, kita selesaikan,” ujarnya.

Hari Nur Cahya Murni menyatakan, dukungan untuk pembangunan kawasan industi yang terletak di Kabupaten Muaro Jambi itu juga kuat, karena rencana dan konsep pembangunannya  sudah tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024.

Hari Nur Cahya Murni. Profil Singkat Hari Nur Cahya Murni, Perempuan Pertama Penjabat Gubernur Jambi
Hari Nur Cahya Murni. Profil Singkat Hari Nur Cahya Murni, Perempuan Pertama Penjabat Gubernur Jambi (istimewa)

”Kalau kita semua sepakat, tidak ada interest (kepentingan) apapun, saya kira ini hal yang sangat penting untuk kita dorong. Sambil menunggu urusan tata ruang, saya izin mempelajari 1 – 2 hari untuk mempelajari secara seksama,” lanjut Hari Nur Cahya Murni.

”Saya mohon dukungan semua pihak untuk sama-sama memakmurkan Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Muaro Jambi melalui proyek strategis nasional ini,” kata Hari Nur Cahya Murni.

Sebelumnya, Bupati Muaro Jambi, H.Masnah Busro mengatakan sangat senang dengan adanya proyek strategis di Kabupaten Muaro Jambi, yang diharapkan memberikan manfaat besar terhadap perekonomian Kabupaten Muaro Jambi, diantaranya penyerapan tenaga kerja.

Baca juga: Belajar Tatap Muka di Batanghari, Terapkan Absensi Ganjil Genap Beri Peluang Pelajar Untuk Bimbel

Baca juga: VIDEO SMA Negeri 1 Batanghari Mulai Belajar Tatap Muka, Siswa dan Siswi Belum Maksimal Lakukan Ini

Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Donny Iskandar juga mengatakan sangat mendukung terwujudnya Kawasan Industri Kemingking.

Menurut Donny, meskipun Provinsi Jambi merencanakan Ujung Jabung sebagai kawasan industri, namun kawasan Kemingking yang dipersiapkan untuk dikembangkan jadi kawasan industri, bisa inline (satu jalur) dengan Ujung Jabung.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Dr.Achmad Fauzi Ansori menyampaikan, pada prinsipnya mendukung dengan rencana pembangunan kawasan industri Kemingking dan berharap segala hal bisa disiapkan dan diselesaikan dengan baik, terutama kaitannya dengan berbagai regulasi yang ada.

Presiden Direktur Jambi Kemingking Eco Park, Chairil Anwar memaparkan perencanaan dan konsep pembangunan Jambi Integrated City (Kota Terintegrasi di Jambi) Kawasan Industri Kemingking dalam seluruh aspek yang telah disiapkan.

Ia menjelaskan, master plan kawasan yang luasnya 2.170 Ha itu, yang terdiri dari gas downstream industry (industri hilir gas), coal downstream industry (industri hilir batubara), palm oil downstream industry (industri hilir minyak sawit), rubber downstream industry (industri hilir karet), coconut downstream industry (industri hilir kepala), industri makanan dan minuman, dan lokasi-lokasi lainnya yang sudah direncanakan zonasinya.

Chairil Anwar bilang, Jambi Integrated City ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024, degan dasar peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020.(zulkifli/tribun jambi) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
331 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved