Dokumen Kesehatan

Bandara Sultan Thaha Cegah Penyebaran Covid-19, Digitalisasi Dokumen Kesehatan Diterapkan

Pandemi Covid-19 memberi dampak terhadap berbagai sektor, termasuk transportasi udara.

tribunjambi/mareza sutan
Ilustrasi-Bandara Sultan Thaha. Bandara Sultan Thaha Cegah Penyebaran Covid-19, Digitalisasi Dokumen Kesehatan Diterapkan 

Bandara Sultan Thaha Cegah Penyebaran Covid-19, Digitalisasi Dokumen Kesehatan Diterapkan

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI - Pandemi Covid-19 memberi dampak terhadap berbagai sektor, termasuk transportasi udara. Lalu, bagaimana kondisi dunia transportasi udara di Jambi saat pandemi?

Bersama Executive General Manager Bandar Udara Sultan Thaha, Indra Gunawan, Tribun Jambi mengulik tentang kondisi bandara dan bagaimana pihak terkait menyikapinya. Berikut kutipan wawancaranya:

Tribun: Pandemi Covid-19 membuat semua sektor terdampak, tidak terkecuali bandara. Selama pandemi Covid-19 ini, bagaimana kondisi Bandara Sultan Thaha?

Indra: Memang dengan pandemi Covid-19 ini, bandara sangat terdampak. Ini dilihat dari trafik penumpang, kalau dibandingan dengan 2019. Di tahun 2020, jumlah penumpang yang datang dan berangkat mencapai 560.000 penumpang dalam setahun. Jika dibandingkan dengan 2019, ada 1,3 juta yang datang dan berangkat, atau turun sekitar 64 persen.

Baca juga: Kata Kepala KKP Jambi Soal Penanganan Covid-19, 100 Fasyankes Layani Digitalisasi Dokumen Kesehatan

Baca juga: Masjid Agung Al-Ittihad Tebo, dari Kemegahan hingga Arsitekturnya

Tribun: Dengan kondisi seperti itu, apa yang dilakukan pihak bandara?

Indra: Kami dari pihak Angkasa Pura II, selalu mengikuti ketentuan-ketentuan yang diberikan oleh pemerintah. Dalam hal ini, ada gugus tugas dan Kementerian Perhubungan. Jadi berdasarkan dengan ketentuan yang dikeluarkan kita terus mengupayakan, seperti di area bandara itu wajib menggunakan masker, ada tempat mencuci tangan, hand sanitizer, serta pemeriksaan kondisi kesehatan oleh tim KKP.

Juga kita lakukan modifikasi alat-alat yang sering disentuh, dijadikan sensor. Kemudian juga kita lakukan pembersihan dengan disinfektan semua fasilitas bandara.

Tribun: Setelah new normal, bandara mulai kembali dioperasikan. Hingga saat ini, apa sudah ada perkembangan penumpang dari sektor transportasi udara?

Indra: Dengan kondisi new normal, ada penyesuaian yang dilakukan oleh pemerintah. Nah, ketentuan-ketentuan itulah yang kita terapkan di bandara. Termasuk kita terapkan batasan-batasan untuk psycal distancing, kita berikan jarak. Kursi-kursi di ruang tunggu, yang bisa diisi empat, jadi diisi dua. Kita juga lakukan edukasi pengguna jasa lebih disiplin.

Indra Gunawan, Executive GM Bandara Sultan Thaha Jambi
Indra Gunawan, Executive GM Bandara Sultan Thaha Jambi (istimewa)
Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved