Sosok Pahlawan

Mengenal Sosok Pahlawan dari Jambi, Kolonel Abundjani, dari Pendidikan hingga Karier Militer

Kolonel Abundjani merupakan satu di antara pahlawan asal Jambi. Dia merupakan seorang pejuang Jambi pra dan pascakemerdekaan.

Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Rahimin
Tribun Jambi
Rumah Pahlawan Jambi, Kolonel Abunjani di Telanai Pura Kota Jambi. 

Mengenal Sosok Pahlawan dari Jambi, Kolonel Abundjani, dari Pendidikan hingga Karier Militer

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI - Kolonel Abundjani merupakan satu di antara pahlawan asal Jambi. Dia merupakan seorang pejuang Jambi pra dan pascakemerdekaan.

Jasanya terhadap Jambi membuat namanya dikenang. Selain itu, namanya juga diabadikan pada nama fasilitas umum, seperti rumah sakit dan jalan.
Siapa sebenarnya Kolonel Abundjani?

Lahir di Batang Asai

Kolonel Abundjani dilahirkan di Batang Asai, Sarko (Sarolangun-Bangko), Jambi, 24 Oktober 1918. Dia adalah seorang pejuang asal Jambi.

Kolonel Abundjani adalah anak seorang demang yang berkedudukan di Rantau Panjang, Batang Asai, yang bernama Demang Makalam.

Baca juga: Mengenal Dr Filius Chandra, Ketua STIKes Baiturahim Inisiator Wisuda di Puncak Marapi

Baca juga: Paham Dulu Sebelum Akses Layanan, Pesan Tazkia Duta Inklusi Keuangan Jambi

Demang Makalam berasal dari Pondok Tinggi, Kerinci, sedangkan ibunya bernama Siti Umbuk berasal dari Desa Keladi.

Dia merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Dari rahim Siti Umbuk, lahir lima orang anak. Mereka adalah Siti Rodiah, M Kamil, Siti Raimin, Abunjani, dan M Sayuti.

Pendidikan Kolonel Abundjani

Sejak kecil, Abundjani telah mendapat asupan pendidikan yang layak.

Ayahnya yang merupakan seorang demang memberi kesempatan untuk anak-anaknya bersekolah di lembaga pendidikan formal, sampai akhirnya memiliki peran besar dalam memimpin pasukan di Jambi.

Kolonel Abunjani
Kolonel Abunjani (istimewa)

Berdasarkan makalah yang ditulis sejarawan Jambi, Junaidi T Noor (kini almarhum), pada 1926, Abunjani bersama kakaknya, M Kamil dikirim ke Jambi untuk bersekolah di bawah asuhan Ali Sudin, keponakan Makalam yang bekerja sebagai clerk (juru tulis) di kantor Kontrolir (Countroleur) Jambi.

Saat itu Abundjani masih berusia 8 tahun, sedangkan kakaknya berusia 11 tahun.

Tidak sampai di sana, atas beberapa pertimbangan, Makalam menitipkan keduanya pada seorang teman berkebangsaan Belanda yang bekerja di Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM). Dari sanalah, keduanya akhirnya mulai mahir bahasa Belanda.

"Secara berturut-turut, tahun 1931 Abunjani berhasil menamatkan pendidikan di Hollandsc-Inlandsche School (HIS) selama 7 tahun dan tahun 1934 menamatkan pendidikan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) Bandung. Pada 1940 Abunjani mengikuti pendidikan di Middelbare Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaar (MOSCVIA) di Bandung, tetapi tidak tamat karena berlangsungnya pendudukan Jepang," tertulis dalam makalah itu.

Baca juga: Smart Moms Fitri Harianti, Potty Training Percepat si Kecil Mandiri BAK dan BAB

Baca juga: Pesona Lubuk Beringin, Sensasi Wisata Sekitar Lubuk Larangan di Bungo

Meski begitu, saat masa pendudukan Jepang itulah Abunjani menamatkan pendidikan di Shonan Kao Kun Renjo (Sionanto) di Singapura selama 1 tahun.

Abunjani kemudian diangkat sebagai asisten Ki Imuratyo. Pendidikan militer ini kemudian diteruskan ke akademi militer Giyugun di Pagar Alam, Lahat dengan pangkat tamatan Letnan Dua (Shoi).

Alumni pendidikan Angkatan Darat (Kanbu Kyoyiku tai) Jepang ini merupakan cikal bakal tentara nasional di masing-masing daerahnya.

Perjuangan Pascakemerdekaan

Berawal dari beredarnya berita Proklamasi Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, para pemuda Jambi langsung bergerak cepat dalam menyatakan kemerdekaan Jambi.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
206 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved