Sejarah Museum

Museum Perjuangan Rakyat Jambi, dari Lokasi, Sejarah, Hingga Koleksi Yang Ada di Dalamnya

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Jambi dan ingin tahu sejarah Jambi, belum afdal jika belum mengunjungi Museum Perjuangan Rakyat Jambi.

tribunjambi/mareza sutan
Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) lokasinya berada di dalam Kota Jambi. Tepatnya, beralamat di Jalan Sultan Agung dan Jalan Slamet Riyadi. 

Museum Perjuangan Rakyat Jambi, dari Lokasi, Sejarah, Hingga Koleksi Yang Ada di Dalamnya

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI - Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Jambi dan ingin tahu sejarah Jambi, belum afdal jika belum mengunjungi Museum Perjuangan Rakyat Jambi. Museum ini merupakan satu di antara museum yang ada di Provinsi Jambi.

Lokasinya berada di dalam Kota Jambi. Tepatnya, beralamat di Jalan Sultan Agung dan Jalan Slamet Riyadi. Museum ini terletak di persimpangan, tidak jauh dari Masjid Agung Al-Falah Jambi.

Tahun Berdiri

Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) didirikan tahun 1993. Pendirian museum ini diprakarsai oleh Dewan Harian Daerah Angkatan 45 (DHD 45) dan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi.

Pembangunan Museum Perjuangan Rakyat Jambi ini dilakukan untuk mengenang perjuangan rakyat Jambi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Baca juga: Cerita Chef Ikhwan, Kembali Ke Jambi Setelah 13 Tahun Merantau Dari Negeri Jiran

Untuk diketahui, Jambi merupakan satu di antara wilayah yang pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang. Bahkan, pascakemerdekaan, rakyat Jambi masih berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari penjajah.

Oleh sebab itulah, museum itu didirikan. Pada tanggal 6 Juni 1993, dilaksanakan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia, Letnan Jenderal Achmad Tharir.

Museum ini dibangun sebagai wujud dari pentingnya bangunan sebagai monumen dalam mengenang sejarah perjuangan rakyat Jambi semasa pergerakan nasional dan Kemerdekaan Indonesia

Koleksi-koleksi Museum

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved