Wawancara Ekslusif

Hutan Punya Nilai Ekonomi, Masyarakat Bisa Mendapatkan Benefit dari Menjaga Hutan

Pembangunan di Jambi memberikan dampak terhadap berkurangnya luasan hutan. Di sisi lain, hutan ternyata kini bernilai ekonomi.

tribunjambi/mareza sutan
Koordinator Liputan Tribun Jambi Suang Sitanggang saat berbincang dengan Direktur KKI Warsi, Rudi Syaf 

Hutan Punya Nilai Ekonomi, Masyarakat Bisa Mendapatkan Benefit dari Menjaga Hutan

TRIBUNJAMBIWIKI.COM -  Pembangunan di Jambi memberikan dampak terhadap berkurangnya luasan hutan. Di sisi lain, hutan ternyata kini bernilai ekonomi. Masyarakat di sekitar hutan kini bisa mendapatkan benefit dari menjaga hutan.

Bagaimana bisa? Berikut penjelasan Direktur KKI Warsi, Rudi Syaf dalam wawancara ekslusif bersama Tribun Jambi.

Tribun: Saat ini, tutupan luas hutan kita semakin turun. Apa ada ancaman ke depan terkait pengurangan kawasan hutan ini, dengan adanya pembangunan dan pembukaan jalan yang membelah hutan?

Rudi: Rencana pembukaan jalan-jalan dari Kerinci ke Bungo, kemudian dari Kerinci ke Bengkulu, itu berpotensi menjadi ancaman. Sebab kondisi sudah semakin sempit. Memang lagi-lagi harus kembali lihat histori. Jadi pengalaman menunjukkan memang pembukaan jalan, kalau dia membelah kawasan hutan yang tutupannya baik, perkembangannya adalah yang terjadi kerusakan hutan.

Baca juga: Historikal Hutan Jambi dari Waktu ke Waktu, di Pandangan Direktur KKI Warsi

Tribun: Apa ada contoh pembangunan yang sedang berlangsung dan sudah berlangsung?

Rudi: Contoh di Kerinci Seblat. Di situ jalan yang dibangun di dari Muara Siau menuju Muara Madras. Pada suatu lokasi tertentu, itu memotong Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Sekarang kiri-kanan jalan itu habis.
Contoh lain di sekitaran Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Di kawasan hutan produksi dibangun jalan juga untuk kepentingan pengangkutan produksi pada perusahaan. Di jalan yang dibangun, dibikin portal untuk mengamankan supaya orang luar tidak masuk, tapi pada praktiknya sekarang, kiri-kanan jalan itu sama saja.

Koordinator Liputan Tribun Jambi Suang Sitanggang saat berbincang dengan Direktur KKI Warsi, Rudi Syaf
Koordinator Liputan Tribun Jambi Suang Sitanggang saat berbincang dengan Direktur KKI Warsi, Rudi Syaf (tribunjambi/mareza sutan)

Tribun: Di satu sisi, pembukaan jalan tersebut merupakan pembangunan, bagaimana menurut Abang?

Rudi: Menurut saya, pembukaan jalan pada wilayah-wilayah tertentu penting, terutama untuk memfasilitasi masyarakat yang ada di wilayah tertentu. Tapi ketika jalan itu haruslah memotong kawasan hutan penting, apalagi kawasan itu berupa kawasan konservasi seperti Taman Nasional, hutan lindung.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved