Kisah Sukses

Profesi yang Memungkinkan Diri Jadi Segalanya, Kisah Dokter Kiky Bertugas saat Pandemi Covid-19

Meraih sukses dan mendapat gelar dokter di usia muda, serta bertugas di masa pandemi menjadi cerita tersendiri bagi dr Elidra Rizky (25).

tribunjambi/abdullah usman
dr Elidra Rizky 

Profesi yang Memungkinkan Diri Jadi Segalanya, Kisah Dokter Kiky Bertugas saat Pandemi

TRIBUNJAMBIWIKI.COM - Meraih sukses dan mendapat gelar dokter di usia muda, serta bertugas di masa pandemi Covid-19 menjadi cerita tersendiri bagi dr Elidra Rizky (25).

Gadis kelahiran Bukittinggi, tahun 1995 tersebut termasuk pemudi yang sukses menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. Mengawali dunia pendidikan di bangku TK, SD, SMP, dan SMA di Kota Jambi.

Hingga meniti pendidikan di Fakultas Kedokteran di Universitas Baiturrahmah Padang selama 3,5 tahun, kemudian melanjutkan KOAS di RSUD Pirngadi Kota Medan selama 1,5 tahun hingga lulus dokter dan mendapat sumpah dokter pada tahun 2018.

Gadis manis berkerudung yang akrab disapa Kiki menuturkan, saat ini ia bertugas di RSUD Nurdin Hamzah sebagai dokter umum sudah lebih setahun lamanya.

Baca juga: Lagu Ketimun Bungkuk Sempat Populer di Jambi, Ini Sosok Penyanyi Yang Buat Hits Lagu Itu

Baca juga: Catatan Perjuangan Dua Pahlawan Asal Jambi, Sultan Thaha Syaifuddin dan Raden Mattaher

Selama bertugas di RSUD Nurdin Hamzah Tanjabtim, Kiky tidak hanya fokus sebagai dokter umum saja. Ia sempat menjadi Gadis Wakil 1 event Gadis Bujang Tanjabtim. Ia juga tercatat sebagai anggota Markas Palang Merah Indonesia Tanjabtim.

"Awal mula bisa sampai bertugas di Tanjabtim, berawal pada tahun 2018 lalu, dimana bagi setiap dokter umum yang baru lulus itu wajib mengikuti program Internshipp Dokter Indonesia. Dari sekian banyak pilihan lokasi akhirnya Tanjabtim yang dipilih karena menimbang jarak terdekat dengan kota akhirnya sampai sekarang mengabdi di Tanjabtim," beber gadis yang juga merupakan alumni SMPN 1 dan SMAN 3 Kota Jambi

Bagi seorang dokter umum tersebut setidaknya harus bisa melakukan penanganan 144 penyakit yang harus dikuasai oleh dokter umum.

Cukup ngeri memang, tetapi itulah faktanya, dan memang tugas atau kewajiban dokter umum cukup berat. Meski demikian ketika menangani pasien, dokter umum juga memiliki batasan. Maka pasien tadi dari hasil pemeriksaannya harus mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh dokter spesialis.

dr Elidra Rizky
dr Elidra Rizky (tribunjambi/abdullah usman)

Lanjutnya, menjadi seorang dokter merupakan cita cita sedari kecil. Meski cita- cita tersebut awalnya hanya ikut-ikutan ketika ditanya cita-cita oleh guru di sekolah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved