Kisah Pahlawan

Jokowi Secara Resmi Langsung Beri Gelar Pahlawan Nasional Raden Mattaher dari Jambi ke Ahli Waris

Gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi dari Provinsi Jambi.

Editor: Rahimin
istimewa
Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi diangkat jadi Pahlawan Nasional. 

Jokowi Secara Resmi Langsung Beri Gelar Pahlawan Nasional Raden Mattaher dari Jambi ke Ahli Waris

TRIBUNJAMBIWIKI.COM - Gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi dari Provinsi Jambi.

 Presiden Joko Widodo memimpin upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Acara tersebut dihadiri ahli waris keenam tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional. Mereka mewakili keenam tokoh tersebut yang telah wafat untuk menerima gelar pahlawan nasional.

Raden Mattaher
Raden Mattaher (istimewa)

Penganugerahan gelar pahlawan nasional didasari atas Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 117 TK Tahun 2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan. Menetapkan dan sterusnya. Kesatu, menganugerahkan gelar phalwan nasional kepada yang namanya tersebut di lampiran keputusan ini," ujar Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho saat membacakan Keppres tersebut.

Baca juga: Kisah Yohana, Jadi Fasilitator Pendidikan Anak Rimba, Ceritakan Keseharian Hidup di Rimba

Baca juga: Kisah Sultan Thaha, Pahlawan Nasional dari Jambi yang Dapat Julukan Pedang Agama

"Sebagai penghargaan dan penghormatan yang tertinggi atas jasanya yang luar biasa. Yang semasa hidupnya pernah melakukan perjuangan senjata atau perjuangan politik untuk mencapai, merebut, dan mengisi kemerdekaan dan memajukan bangsa," kata Basuki.

Raden Mattaher memiliki makam, yang mana makam jasadnya berada di Jalan Makam R Mattaher, yang masuk melalui Jalan Melati di depan TPU Singkawang, Legok, Kota Jambi. (SUMBER FOTO: Monang Widyoko)
Upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional diakhiri dengan doa yang dibacakan Menteri Agama Fachrul Razi.

Berikut keenam tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional di Hari Pahlawan :

1. Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara

2. Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat

3. Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, yang merupakan Kapolri pertama yang berasal dari Provonsi DKI Jakarta.

4. Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan tokoh pergerakan dan pernah menjadi Menteri Penerangan era Presiden Soekarno.

5. Mr Sutan Mohammad Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara.

6. Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi dari Provinsi Jambi

Raden Mattaher memiliki makam, yang mana makam jasadnya berada di Jalan Makam R Mattaher, yang masuk melalui Jalan Melati di depan TPU Singkawang, Legok, Kota Jambi.
Raden Mattaher memiliki makam, yang mana makam jasadnya berada di Jalan Makam R Mattaher, yang masuk melalui Jalan Melati di depan TPU Singkawang, Legok, Kota Jambi. (tribunjambi/Monang Widyoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Pimpin Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada 6 Tokoh"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
182 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved