Sosok Sukses

Rika Maryati, Pembisnis Dekorasi Rumah Yang Sukses Tanpa Modal

Dalam berbisnis tidak harus memiliki modal, seperti yang dilakukan Rika Maryati berbisnis tanpa harus bermodal

Editor: Rahimin
tribunjambi/vira
Rika Maryati seorang guru sosiologi di MAN 2 Kota Jambi pembisnis homedecor 

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI - Dalam berbisnis tidak harus memiliki modal, seperti yang dilakukan Rika Maryati berbisnis tanpa harus bermodal.

Rika Maryati seorang guru sosiologi di MAN 2 Kota Jambi pembisnis homedecor di Jambi mengatakan bisnisnya lebih ke jasa jadi tanpa modal.

“Saya menerima pesanan barang dekor, saya ke tukang minta dibuatin barangnya. Lalu nanti setelah jadi langsung dikasih ke pembeli, terima uangnya dan uangnya langsung juga dibayar ketukang. Tentunya saya dapat untung juga. Itulah kenapa saya bilang bisnis ini tanpa modal, bahkan juga ada yang memberi DP,” ujarnya di Posos 2, Kecamatan Eka Jaya, Sabtu (17/10/2020) lalu.

Baca juga: Inovasi Adalah Kunci Sukses Yunita Berjualan Manisan Mangga Saat Pandemi Covid-19

Baca juga: Awalnya Cuma Iseng Saja, Yunita Malah Sukses Memasarkan Produknya di Jambi

Dia memulai usaha homedecor sejak pertengahan Februari 2020. Homedekor ini barang-barang untuk mendekorasi rumah. Brand produknya diberi nama @k_yuhomedecor.

“Barang dekorasi yang saya buat ini lebih ke perkayuan, sederhana namun menarik,” ujarnya.

Rika mengatakan, sebenarnya produknya lebih kepada kekayuan, dengan konsep minimalis natural. Rika mendesain sendiri semua produknya namun ada juga yang request dari pembeli.

Hasil Rika Maryati
Hasil Rika Maryati (tribunjambi/vira)

“Untuk bahan kayu yang digunakan pada produknya yaitu kayu meranti, rengas, medang dan jati belanda,” dia menjelaskan.

Rika bercerita, awal bisnis homedecor karena hoby mendesain dan mendekorasi rumah.

Awalnya dia membuat sendiri semua produknya namun sekarang karena banyak pembeli dia bekerjasama dengan lima tukang kayu.

Baca juga: Menjaga Kemurnian Madu Hutannya Menjadi Kunci Sukses Heru Susanto

Baca juga: Kisah Heru Susanto, Agen Madu Yang Dipermainkan Konsumen, Hingga Didoakan Agar Usahanya Lancar

“Produk pertama yang diposting itu rak bunga dan beberap teman minta dibuatin. Awalnya saya beri aja, namun teman-teman bilang hasil tangan saya harus ada harganya maka dari itu saya mulai berhisnis.,” ujarnya.

Menurutnya,  bisnis dekorasi rumah ini sangat menjanjikan selama pandemi karena orang-orang lebih sering dirumah dan menginginkan suasana baru.

Rika memasarkan produknya hanya melalui media sosial seperti Instagram (k_yuhomedecor) dan WhatsApp. untuk pemesanan selalu berkordinasi dengan konsumen selama proses pembuatan 50% atau 70% sehingga hasilnya sesuai dengan permintaan konsumen.

“Saya selalu mantau pembuatan produk, dan komunikasikan dengan pembeli agar mereka puas dengan hasilnya nanti,” ujarnya.

Hasil Rika Maryati
Hasil Rika Maryati (tribunjambi/vira)

Barang produksi homedecor ini yaitu leader hanger, hanging, kitchen set, rak bumbu atau rak buku, rak heksagonal, partisi ruangan, covitable, baki, meja konsul, rak-rak bunga, standing pot, standing lamp, meja tv, rak lemari baju, rak serbaguna dan lainnya.

Beberapa harga produk k_yuhomedecor yaitu Sepasang Covitable Rp 400 ribu, satu rak heksagonal Rp 60 ribu standing pot yang besar Rp 75 ribu yang kecil Rp 23 ribu, hanging Rp 120 ribu, leader hanger Rp 120 ribu, baki Rp 50 ribu. Dan yang paling diminati rak serba guna dengan harga Rp 30 ribu.

Baca juga: Kisah Heru Susanto, Agen Madu Yang Dipermainkan Konsumen, Hingga Didoakan Agar Usahanya Lancar

Baca juga: Alamat Lengkap Kantor Cabang Bank Jambi di Provinsi Jambi, Serta Sejarah Pembangunan Bank Jambi

Untuk harga rika tidak membandingkan harga dengan produk lain (toko lain) atau tidak mengikuti harga pasar.

Dia mengatakan, untuk harga sesuaikan dengan harga dari tukang kayu.

“Saya enggak peduli dengan toko lain, maupun murah atau mahal. Saya enggak pernah mau nawar ke tukang. Semua bisa mempunyai usaha yang sama, namun rezeki enggak akan sama,” katanya.

Hasil Rika Maryati
Hasil Rika Maryati (tribunjambi/vira)

Sejak Februari sampai sekarang sudah sangat banyak item yang terjual lebih dari 800 item.

“Sangat banyak item yang sudah saya jual karena Satu orang bisa mesan produk tiga sampe lima produk. Ada yang mesan barang dekor saya dari teras rumah sampai kamar dan dapurnya,” ujarnya lagi.

Rika mengatakan, produknya telah dikirim ke daerah Tungkal dan Singkut.

Dia  memang tidak melayani atau menjual ke luar seperti pulau jawa dikarenakan takutnya kondisi barang saat sampi tidak dalam keadaan sempurna.

Baca juga: Alamat Lengkap Kantor Cabang Bank Jambi di Provinsi Jambi, Serta Sejarah Pembangunan Bank Jambi

Baca juga: Jambi Creative Milenial, Membantu UMKM Brand Lokal dan Pedagang Kecil di Jambi

Untuk pengambilan barang produksinya bisa dijemput ke rumah produksi yang berada di dekat bandara di depan PU, bisa diantar atau menggunakan kurir.

Rika mengikuti komunitas Homedecorlovers pada Maret tahun ini. Rika pernah menjuarai grid dalam lomba homedecorlovers pada awal Oktober tahun ini. Pernah juara 9 lomba foto yang diadakan oleh picture in camera dengan tema sudut favorit.

Rika berpesan untuk yang ingin memulai berbisnis bahwa bsnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai, bisnis yang dikerjakan, jualan yang bagus adalah sesuatu yang bisa dijual.

“Dalam berbisnis itu yang penting komunikasi bukan untung-rugi. Dan mau menerima masukan atas kekurangan kita,” pungkasnya. (Tribunjambi/vira)
 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved