Sosok Sukses

Berawal Dari Grasi Sampai Punya Cabang, Mantan Honorer ini Sukses Berbisnis Barbershop

Senyum ramah terpancar dari wajah Satrio Pratama atau yang akrab disapa Rio saat Tribunjambi.com beranjangsana ke cabang baru Classic Barbers

Editor: Rahimin
zoom-inlihat foto Berawal Dari Grasi Sampai Punya Cabang, Mantan Honorer ini Sukses Berbisnis Barbershop
tribunjambi/yon rinaldi
Satrio Pratama atau yang akrab disapa Rio (kiri) saat Tribunjambi.com beranjangsana ke cabang baru Classic Barbers

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI – Senyum ramah terpancar dari wajah Satrio Pratama atau yang akrab disapa Rio saat Tribunjambi.com beranjangsana ke cabang baru Classic Barbers di Jalan Ir H Juanda Mayang Jambi Kamis, (22/19/2020) siang.

“Ini hari pertama kita buka,” katanya mengawali pembicaraan dengan Tribunjambi.com sambil membersikan rambut yang berserakan di lantai yang seperti papan catur tersebut.

Cabang barunya ini mengusung warna putih untuk cat dindingnya sehingga memberikan kesan lapang.

Di sebelah kiri ruangan berukuran empat kali tujuh meter tersebut berjejer rapi tiga bangku cukur yang dilengkapi dengan kaca besar dan lemari berukuran lebih dari satu meter.

Baca juga: Glen Julifer, Youtuber Muda Jambi dengan 3.34 Juta Subscriber, Video Pernah Ditonton Cuma Dua Orang

Baca juga: Mengenal Dila Amalia Darhani, Dari Seutas Tali Menjadi Peluang Bisnis

Ditambah dilengkapi  juga dengan air conditioner sebagai penyejuk ruangan menambah suasana menjadi lebih nyaman.

Setelah membersihkan rambut yang berserakan di lantai,  Rio langsung membersihkan beragam alat cukur yang berada di atas lemari kayu tersebut, terlihat Gunting, Clipper dan alat cukur lain sudah tersusun rapi di atas lemari.

Rio bercerita, dari pagi sudah ada beberapa orang yang datang ke tempat barbershop miliknya, padahal hari ini baru pertama kali buka.

Tak lama ketika Tribunjambi.com berada di sana pelanggan kembali datang. Pelanggan tersebut langsung dengan sigap dilayani oleh karyawannya.

Rio menceritakan, sebenarnya dia sudah lama ingin membuka cabang, tapi karena corona dia mengurungkan niatnya saat itu. “Tetapi  sepertinya corona masih lama hilangnya, jadi dibuka aja,” katanya.

Karena makin bertambahnya pelanggan setia  sedangkan barbernya yang berada di Arizona sudah tidak mungkin untuk dikembangkan. Itulah yang menjadi alasan dia untuk membuka cabang kedua di wilayah Mayang ini.

Baca juga: Rika Maryati, Pembisnis Dekorasi Rumah Yang Sukses Tanpa Modal

Baca juga: Inovasi Adalah Kunci Sukses Yunita Berjualan Manisan Mangga Saat Pandemi Covid-19

Di samping itu dia juga ingin menarik pelanggan baru yang berada di daerah Mayang ini, yang mana masyarakat yang tinggal di daerah tersebut merupakan segmen pasar ideal untuk barbernya.

Setiap hari, cabang barunya ini buka setiap pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB.

Selama satu bulan sejak dibukanya Classic Barbers Mayang ini, setiap konsumen yang datang akan mendapatkan diskon sebesar 20 persen untuk semua treatment

Rio mengatakan untuk pangkas plus cuci rambut cukup bayar Rp 40 ribu. Sedangkan untuk pewarnaan rambut harganya mulai dari Rp 200 Ribu. Semir rambut mulai dari Rp 70 ribu. Selama masa promosi.

Harga normalnya, untuk pemotongan standar dibanderol Rp 50 ribu, jika konsumen ingin berbagai macam model khususnya fade yang membutuhkan ketelitian dalam membentuk dekgradasi harga pangkasnya bisa sampai Rp 70 ribu. Tapi selama promosi ini konsumen hanya dikenakan tarif Rp 40 ribu.

Classic Barbers cabang Mayang ini tidak hanya difungsikan untuk menarik konsumen baru, tapi melihat tempatnya yang strategi. Juga akan difungsikan sebagai pusat Classic Barber.

“Jadi semua urusan administrasi akan dilakukan di sini,” ujarnya.

Rio bercerita Classic Barber ini berdiri di akhir 2015, kala itu dia masih menjadi pegawai honorer di salah satu kantor pemerintahan yang ada di Kota Jambi.

Baca juga: Awalnya Cuma Iseng Saja, Yunita Malah Sukses Memasarkan Produknya di Jambi

Baca juga: Menjaga Kemurnian Madu Hutannya Menjadi Kunci Sukses Heru Susanto

Awalnya, Classic Barber yang ada di Arizona adalah garasi mobil dari nenek Rio, yang disulapnya menjadi barber shops.

Di tahun 2018, Rio akhirnya membulatkan tekad untuk mengembangkan usaha barbernya. Mulai saat itu dia mulai memperdalam pengetahuan barbernya dengan mengikuti berbagai macam pelatihan tingkat nasional.

Saat ini, di Classic Barber cabang Arizona saja setiap harinya sudah mencapai 20 orang yang datang untuk potong rambut.

Ditambah lagi, saat ini Classic Barbers sudah membuka kursus belajar pangkas rambut ala barber shops.

Baca juga: Kisah Heru Susanto, Agen Madu Yang Dipermainkan Konsumen, Hingga Didoakan Agar Usahanya Lancar

Kedepannya, setiap kelas kursus akan diadakan di Classic Barbers cabang Mayang ini, karena selain fasilitasnya lebih lapang.

Di Mayang ini sudah ada beberapa ruangan yang satu diantaranya difungsikan sebagai tempat khusus pangkas rambut Classic Barber.Sedangkan ruangan yang lain di fungsikan sebagai kantor.(Tribunjambi.com/Rinaldi).

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved