Jambi Creative Milenial, Membantu UMKM Brand Lokal dan Pedagang Kecil di Jambi

Jambi Creative Milenial merupakan wadah untuk membantu UMKM, brand lokal dan pedagang kecil Jambi untuk memperluas jaringan pasar

Editor: Rahimin
tribunjambi/vira
Jambi Creative Milenial 

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI - Jambi Creative Milenial merupakan wadah untuk membantu UMKM, brand lokal dan pedagang kecil Jambi untuk memperluas jaringan pasar dengan Sharing Market Value.

Inisiator Jambi Creative Milenial, Panji Oktaviansyah (24) mengatakan JCM ini Wadah untuk anak-anak milenial yang memiliki daya kreatif di berbagai bidang.

Sehingga daya kreatif tersebut menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya serta lingkungan sekitar.

“Ketika ada seseorang yang kreatif dan mampu memberikan value yang postif terhadap dirinya serta dilingkungan sekitarnya maka ia adalah bagian dari Jambi Creative Milenial,” ujarnya saat ditemui di Kafe Jambi, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Momen Sulit akan Dibarengi Kebahagiaan, Kisah Dokter Della Mengawal Pengobatan Covid-19

Baca juga: Sharing Resep Masakan Khas Jambi, dan Pengalaman Anis Belajar Masak Setelah Gabung KBJ

Panji mengatakan, Jambi Creative Milneial hadir karena melihat kondisi ekonomi Jambi terkhususnya UMKM, brand lokal, dan pedagang kecil yang dalam kondisi tidak baik-baik saja karena pandemi covid-19.

“Iya sekarang banyak pekerja yang di PHK, yang dirumahkan, kondisi kita semua sekarang enggak baik-baik aja. Terlebih untuk pedagang kecil atau pedagang malam yang makin sepi, maka dari itu kita bantu untuk promosi dagangan mereka agak lebih luas pasarnya agar banyak yg tau juga dagangan atau produknya,” ungkapnya.

Jambi Creative Milenial terpusat pada industri ekonomi kreatif mandiri. Jambi Creative Milenial akan membantu para pelaku UMKM dan skala usaha menengah kebawah untuk meningkatkan perputaran ekonomi dalam sektor usaha dengan setiap jejaring yang dimiliki oleh anggota JCM.

“Jadi temen-temen yang punya usaha dengan berbagai bidang atau jenis usaha bisa kirim foto produknya nanti akan kita share di Instagram kita, lalu temen-temen anggota juga akan bantu share. Jadi kita memperluas jejaring pasarnya atau lebih dikenal dengan Sharing Market Value,” ujarnya.

Baca juga: Dulunya Karyawan Perusahaan Tambang Bergaji di Atas Rp 10 Juta, Kini Punya Usaha Madu

Baca juga: Status ASN Tak Jadi Hambatan Doni Tekuni Dunia Bisnis, Kini Punya B-Cakap Coffe dan Website Khusus

Panji mengatakan Jambi Creative Milenial telah terbentuk pada bulan Juni dengan mempersiapkan konsep dan rencana-rencana yang akan dijalani.

Jambi Creative Milenial telah menggagas gerakan #SalingBantu yang berkolaborasi dengan Hijrah Milenial (HIJMI).

Saat ini telah banyak pengusaha milenial brand lokal jambi yang tergabung dengan Jambi Creative Milenial dan mensupport gerakan #SalingBantu, yaitu diantaranya Hardi Diar (PA.DU.KO), Puta Jhonata (Sate Pisang Lumer), Dayek (Guzzler Indonesia), Rendi Bayu (Rendi Bayu), Fahranie (Lumpia by Naira), Istiqa (Digital Marketers) dan masih banyak lagi.

Dalam video yang dibuat oleh tim JCM dan HIJMI, video yang berdurasi satu menit ini berisikan ajakan dari pengusaha-pengusaha milenial jambi untuk saling bantu.

Baca juga: Serunya Berbagi Ilmu Bersama Tisa Julianti, Profesional Dubbing Kartun dan Voice Over Iklan

Baca juga: Sejarah dan Pelayanan di RSUD Raden Mattaher Jambi, Rujukan di Provinsi Jambi

“Jangan mau kalah dengan covid, untuk bisa survive di unprecedented moment seperti sekarang ini. Kita mesti #SalingBantu, kita butuh stamina bisnis yang kuat, buat terus saling jaga, saling dukung nyari untung. Beli produk usaha teman atau tetangga lebih bernilai, dari pada mesti Jastip luar kota atau cari pasar murah via internet,” ucap mereka.

gerakan #SalingBantu
gerakan #SalingBantu (tribunjambi/vira)

Panji mengatakan saat ini anggota member JCM telah mencapai 130 orang. Untuk bergabung dengan JCM hanya perlu mengisi formulir online, linknya tertera pada bio Instagram @jcmilienial.

“anak milenial yang memiliki usaha masih memanfaatkan temannya untuk pembelinya, dalam suatu usaha itu enggak cukup. Maka dari itu jambi creative milenial membantu mereka untuk membuka jaring ekonomi yang lebih luas,”

Jambi Creative Milenial juga memberikan pelatihan atau workshop dengan kemasan yang berbeda untuk meningkatkan kapasitas dari pelaku atau member JCM dalam aktivitas usaha. Seperti pelatihan bisnis, branding usaha, penataan keuangan usaha dan lain-lain.

“Jambi Creative Milenial saat ini tidak berfokus pada titik struktural organisasi, karena lebih berfokus pada kesetaraan dan kebersamaan pada setiap orang-orang yang bergabung di Jambi Creative Milenial,” ujarnya

“Kita juga berharap ada dukungan dari pemerintah untuk bekerjasama, saling bantu untuk ekonomi Jambi yang lebih baik lagi,”pungkasnya. (Tribunjambi/Vira)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved