Romanti, Mewakili Jambi dan Sumatra, Raih Juara 1 Pustakawan Inspiratif Se-Indonesia

Romanti meraih juara 1 pustakawan inspiratif tingkat nasional yang diadakan oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.

Editor: Rahimin
tribunjambi/Rara Khushshoh Azzahro
Romanti 

TRIBUNJAMBI.COM,  JAMBI - Romanti meraih juara 1 pustakawan inspiratif tingkat nasional yang diadakan oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.

Sebelumnya, Romanti pernah menjadi juara 1 pustakawan berprestasi.

Romanti merupakan sebagai Pustakawan Penyelia di BPTP Jambi. Ia seorang pustakawan tunggal di BPTP Jambi.

"Lomba pustakawan berprestasi itu oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi tahun 2017 jadi finalis di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta," sebut Romanti, saat dihubungi melalui telepon, Senin (12/10/2020).

Baca juga: Edi Hartanto Sukses Merubah Cireng Menjadi Makanan Ala-ala Korea

Baca juga: Ikan Tapa Seberat 38 Kg Yang Dijual Iron Ini Jadi Pusat Perhatian Warga

Juara satu pustakawan inspiratif ini bahkan bukan hanya mewakili Jambi. Ia dikatakan mewakili Sumatra, karena tidak ada yang lolos satu Sumatra kecuali Romanti.

"Saat itu mewakili provinsi Jambi, juga nasional. Tetapi di nasional belum bisa mengalahkan yang lain, masih masuk nominasi aja di sana," ujarnya.

Romanti menyampaikan, di perpustakaan daerah juga sebenarnya ada lomba, namun ia belum diperbolehkan untuk ikut terlebih dahulu disebabkan syarat bagi calon peserta yang pernah dapat juara satu.

Romanti
Romanti (tribunjambi/Rara Khushshoh Azzahro)

"Saya pikir, saya bisa ikut lomba yang perpusda ini. Ternyata yang sudah pernah juara satu itu ada rentang waktu yang diberikan. Jadi nggak boleh ikut dahulu," katanya.

Ini untuk yang pertama untuk Kementrian Pertanian. Perpustakaan Nasional pernah mengadakan, namun merupakan lomba pustakawan berprestasi. Sedangkan saat ini lomba pustakawan inspiratif.

"Ujian kognitif setelah itu seminggu kemudian penilaian. Penilaian dari makalah, hasil ujian," jelasnya.

Baca juga: Upaya Haniva Untuk Siswa Tunagrahita Belajar Saat Pandemi Covid-19, Butuh Persiapan Lebih

Baca juga: Apa Itu Hidrosefalus, Serta Pentingnya Ibu Hamil Kontrol Secara Berkala

Ia mengaku ia menginformasikan tentang wastafel pedal. Yaitu wastafel yang dibuat tanpa menyentuh tangan sama sekali. Pemencetan sabun cair hingga membuka keran, semua dengan cara menginjak pedal wastafel.

Ide tersebut ia akui muncul karena kondisi wajib mencuci tangan di tengah pandemi Covid-19.

"Saat itu dewan juri mempertanyakan kenapa saya punya ide tersebut. Saya utarakan bahwa mencuci tangan yang saat ini menjadi kegiatan wajib kita, perlu adanya inovasi. Agar ketika mencuci tangan, justru malah akan menimbulkan klaster ketika alat-alat juga disentuh orang banyak.

Romanti
Romanti (tribunjambi/Rara Khushshoh Azzahro)

Romanti mengakui, ia terjun menjadi seorang pustakawan sejak 2004. Sampai saat ini, sangat sedikit yang tidak menyukai profesi tersebut, tetapi Romanti justru bangga.

"Pustakawan hanya saya sendiri di BPTP Jambi. Sebagian orang bahkan memandang sebelah mata seorang pustakawan. Saya justru berterima kasih, menjadi pustakawan saya bisa ke negara lain untuk mengikuti kegiatan pustakawan yang dibiayai negara," ungkapnya.

Sedangkan kecintaannya terhadap perpustakaan ia terapkan di rumah. Ada ruangan yang ia sediakan menjadi mini perpustakaan di lantai dua rumahnya.

Baca juga: Badriyah Tepis Stereotipe Perempuan Berjilbab Hanya Bisa Ngaji, Dapat Beasiswa ke Australia

Baca juga: Berawal Dari Keterpaksaan, Hingga Membuat Mulfi Sukses Jadi Penjual Es Kekinian di Kota Jambi

"Kalau mau santai baca-baca buku ada di lantai dua. Kadang ponakan main ke sini, mau baca buku ya di sana. Sambil baring-baring seperti itu," lanjutnya.

Namun untuk penerapan pada anak, ia membebaskan bagi anaknya ingin menekuni bidang apapun. Karena menurutnya, memaksa keinginan agar anak menjadi seorang pustakawan sepertinya tidak baik bagi anak.

"Dia juga punya keinginan sendiri. Jadi saya tidak bisa mau menuntut harus seperti saya," pungkasnya.(TribunJambi/Rara Khushshoh Azzahro)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
117 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved