Apa Itu Hidrosefalus, Serta Pentingnya Ibu Hamil Kontrol Secara Berkala

Hydrosefalus tidak hanya terjadi pada bayi, tetapi juga pada anak-anak, orang dewasa maupun lansia, Di Jambi di temukan rata-rata 10 kasus Hydrosefalu

Editor: Rahimin
tribunjambi/ade setyawati
Dr. Rhonaz Putra Agung SpBS, FINPS 

TRIBUNJAMBIWIKI.COM, JAMBI - Hidrosefalus atau Hydrocephalus penyakit yang saat ini cukup banyak di derita.

Hydrosefalus tidak hanya terjadi pada bayi, tetapi juga pada anak-anak, orang dewasa maupun lansia. Di Jambi di temukan rata-rata 10 kasus Hydrosefalus setiap bulannya.

Dr Rhonaz Putra Agung SpBS, FINPS menjelaskan secara jelas apa itu Hydrosefalus, penyebab, tanda dan gejala, baik yang terjadi pada bayi, anak, orang dewasa maupun lansia.

Apa itu Hydrosefalus? Hydrosefalus atau Hydrocefalus adalah kondisi di mana, terjadi penumpukan cairan di rongga otak, sehingga meningkatkan tekanan pada otak, dimana cairan ini, sebenarnya normal berada di dalam otak tapi karena ketidak seimbangan produksi dan penyerapan nya maka dapat terjadi Hydrosefalus.

Badriyah Tepis Stereotipe Perempuan Berjilbab Hanya Bisa Ngaji, Dapat Beasiswa ke Australia

Asal Usul Nama Yanti, Gajah di Taman Rimba Yang Sudah Mati, Istri Gubernur Jambi Punya Peranan

Hydrosefalus ini disebabkan dari bermacam-macam faktor, seperti 1. Produksi cairan otak yang berlebihan, biasanya diakibatkan oleh tumor, 2. Hambatan aliran cairan otak yg di akibatkan pecahnya pembuluh darah, 3. Gangguan penyerapan dari cairan otak yang diakibatkan oleh infeksi otak seperti meningitis, 4. Kongenital atau penyakit bawaan dari lahir.

Hidrosefalus dapat terjadi pada bayi, anak-anak, orang dewasa maupun lansia, dengan berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan timbulnya Hydrosefalus.

"Hydrosefalus dapat terjadi pada bayi hinga dewasa, pada bayi dan anak-anak, Hydrosefalus membuat ukuran kepala membesar. Sedangkan pada orang dewasa, kondisi ini bisa menimbulkan sakit kepala hebat," jelasnya.

Semakin cepat gejala diketahui dan didiagnosis maka pengobatan dapat lebih maksimal, tanda dan gejala berbeda yang terjadi pada bayi, dan anak atau orang dewasa.

Beberapa tanda dan gejala Hydrosefalus yang terjadi pada bayi, ditandai dengan lingkar kepala yang cepat membesar, selain itu akan muncul benjolan yang terasa lunak di ubun-ubun kepala, sedangkan pada anak-anak, orang dewasa dan lansia gejala tergantung pada usia penderita.

"Tanda dan gejala berbeda, pada bayi, ditandai dengan lingkar kepala yang membesar, selain itu muncul benjolan yang terasa lunak di ubun-ubun kepala, selain perubahan ukuran kepala gejala yang dialami bayi ialah rewel, mudah ngantuk, tidak mau menyusu, muntah, pertumbuhan terhambat dan kejang.

Sedangkan pada anak-anak, dewasa, dan lansia, gejala hidrosefalus yang muncul tergantung pada usia penderita, gejala yang timbul antara lain, sakit kepala, penurunan daya ingat dan konsentrasi, mual dan muntah, gangguan penglihatan, gangguan koordinasi tubuh, gangguan keseimbangan, kesulitan menahan buang air kecil." Ucapnya.

Kapan harus segera ke dokter ?

Pemeriksaan medis harus segera dilakukan pada anak-anak dan orang dewasa yang mengalami beberapa gejala di atas. Segera cari pertolongan medis bila bayi menunjukkan sejumlah gejala.

Berawal Dari Keterpaksaan, Hingga Membuat Mulfi Sukses Jadi Penjual Es Kekinian di Kota Jambi

Nadia Anggrainy Tarigan, Desainer Muda Jambi, Punya Ciri Khas Satu Set Busana Bisa Jadi 5 Style

"Hydrosefalus yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan dalam perkembangan fisik dan intelektual anak. Pada orang dewasa, hidrosefalus yang terlambat ditangani dapat menyebabkan gejala menjadi permanen," tambah Rhonaz.

Hydrosefalus tidak berasal dari keturunan tetapi penyakit yang bisa didapat selama proses kehamilan dan beberapa upaya pencegahan terhadap Hydrosefalus.

"Hydrosefalus penyakit yang bisa didapat selama kehamilan dan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan terhadap Hydrosefalus ialah: ibu hamil melakukan kontrol berkala untuk mengetahui jika terjadi infeksi virus, selain itu juga ibu hamil, bayi dan anak mendapatkan imunisasi lengkap sesuai jadwal pemerintah," katanya.

Ilustrasi
Ilustrasi (WIKIPEDIA)

Penyembuhan Hydrosefalus membutuhkan operasi dan ada alat khusus juga yang harus gunakan, maka ada harga yang harus dikeluarkan, selain itu juga rumah sakit Jambi sudah bisa menangani kasus Hydrosefalus.

Ia juga mengatakan Hydrosefalus membutuhkan operasi dan ada alat khusus juga yang harus digunakan, dan ada harga yang harus dibayar.

Ralu Jambee, Komunitas Pecinta Ular Yang Rela Tak Dibayar Demi Selamatkan Ular

Unik, Inilah Persimpangan di Jelutung Kota Jambi, Yang Miliki lebih dari Satu Nama

Tapi, khusus untuk Hydrosefalus masih ditanggung oleh asuransi swasta dan BPJS, sehingga pasien masih dapat ditangani dengan gratis, selagi memiliki asuransi tersebut.

Selain itu juga, RSUD Raden Mattaher sebagai RSUD Provinsi sudah dapat menangani kasus-kasus Hydrosefalus.(ade setyawati)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
113 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved