Museum Siginjei Jambi Punya 7.800 Koleksi Benda Bersejarah

Sepuluh klasifikasi di Museum Siginjei Jambi, yaitu; Geologika, Biologika, Etnografika Arkeologika, Historika, Numismatika, Filologika, Keramologika,

Tribunjambi/Deddy Nurdin
Museum Siginjei Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Satu di antara tempat menarik di Jambi adalah Museum Siginjei.

Tempat ini memiliki koleksi beragam, yang diklasifikasikan 10 bagian.

Sepuluh klasifikasi di Museum Siginjei Jambi, yaitu; Geologika, Biologika, Etnografika Arkeologika, Historika, Numismatika, Filologika, Keramologika, Seni Rupa dan Teknologika.

Sejarah Berdirinya Universitas Jambi (Unja), Punya 5 Fakultas dan Puluhan Program Studi

Lokasi Gramedia Jambi, Koleksi Lengkap dari Buku hingga Alat Musik

"Di sini, kalau geologika tentang batu-batuan yang sudah ribuan tahun, seperti sekarang ada di Merangin ada geopark. Kalau kita perjelas lagi kan banyak macam nya. Ada batu air, pasar besi, qoalin, batu kapur dan granit," Rimala Isma, Kasi Bimbingan dan Publikasi.  

"Kedua yaitu Biologika jenis-jenis binatang, seperti ular, burung kuau, buaya, harimau dan banyak yang lain. Hampir semua benda-benda disini asli tapi ada juga yang replika," kata Rimala.

Kalau Etnografika terdapat benda-benda berupa salah satunya untuk khitanan, tempat minyak wangi dan benda-benda dari logam.

Arkeologika: suatu patung yang berlapis emas, arca-arca buda, arca hindu juga, ini penemuan di dalam tanah, ada juga penemuan di daerah Batanghari, penemuan di Tanjung Jabung juga ada masyarakat yang menemukannya.

Historika: seperti alat-alat seperti medali Turki, hadiah dari raja Turki untuk Indonesia khususnya Jambi, ada mesin potong uang, cetak uang, stemoel, tameng dan meriam. Kita paling banyak menemukan barang-barang ini di bagian Timur, seperti daerah Tungkal, Sabak, Batanghari.

Numismatika: berupa mata uang Belanda, kupon-kupom tukar uang 1 rupiah 25 rupiah. Filologika : seperti naskah-naskah tulisan incung, di tulis di bambu, di tanduk kerbau, mereka menulis tentang raja atau pengobatan.

Merasakan Sensasi Menggambar Sketsa dengan Kopi, Eno: Mulai Dari yang Tipis

Pengalaman Seru di Kampoeng Radja, Nikmati Wahana Permainan Menarik di Kota Jambi

Keramologika : kalau ini keramik-keramik, kita banyak menemukannya di bawah air, porselen bahannya. Seni rupa : ukuran-ukuran kayu kaligrafi, yang di pinggir rumah.
Tekhnologika : ini di buat pada jaman Belanda, ada setrika uap, ada tropong kapal, radio dan banyak lagi.

"Masyarakat bisa menitipkan barang-barang penemuannya di sini, dan pihak museum akan membantu rawat dan jika suatu waktu mereka mau ambil boleh, selain itu kalau mau di jual juga bisa di jual ke sini tapi diteliti dulu dan kemudian jadi aset Jambi, atau yang terakhir dari hibah," kata Rimala.

“Jumlah koleksi yang ada di Museum Siginjei Jambi sebanyak 7.891 buah, dan penemuan terakhir pada 2019 kita menemukan 80 buah koleksi, seperti mata uang, buku-buku naskah kuno,” tutupnya. (Ade Setyawati)

VIDEO: Pengurus Museum Siginjei Kerap Kewalahan Diserbu Anak Sekolah

Ikuti kami di
Penulis: Aline
Editor: Aline
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved