Masjid di Bungo

Daftar Masjid-masjid Tua di Kabupaten Bungo, Ada yang Dibangun Sejak 1812 M

Dari data yang Tribunjambi.com himpun melalui Sistem Informasi Masjid Kementerian Agama Republik Indonesia (Simas Kemenag RI), ada 337 masjid yang...

Daftar Masjid-masjid Tua di Kabupaten Bungo, Ada yang Dibangun Sejak 1812 M
Tribun Jambi
Masjid Jami' Al-Munawwarah. Konon, masjid ini mulai dibangun sekitar tahun 1920 masehi. Terletak tepat di tepi Sungai Batang Bungo, Masjid Jami' Al-Munawwarah adalah masjid tertua kedua di Kabupaten Bungo. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Berkembangnya Islam di Kabupaten Bungo ditandai dengan dibangunnya masjid-masjid.

Masjid-masjid itu menjadi sarana ibadah umat Islam di sana.

Dari data yang Tribunjambi.com himpun melalui Sistem Informasi Masjid Kementerian Agama Republik Indonesia (Simas Kemenag RI), ada 337 masjid yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Bungo.

Masjid itu mulai dibangun pada awal abad ke-19 dan masih kukuh hingga kini.

Lebih dari 30 di antaranya dibangun sebelum tahun 1950.

Berikut empat di antara masjid-masjid tua di Kabupaten Bungo yang telah Tribunjambi.com rangkum.

1. Masjid Al-Falah

Masjid Al-Falah. Masjid ini merupakan masjid tertua di Kabupaten Bungo. Mulai dibangun pada 1812 masehi, masjid yang terletak di Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal. (Foto September 2019)
Masjid Al-Falah. Masjid ini merupakan masjid tertua di Kabupaten Bungo. Mulai dibangun pada 1812 masehi, masjid yang terletak di Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal. (Foto September 2019) (Tribun Jambi)

Masjid ini merupakan masjid tertua di Kabupaten Bungo. Mulai dibangun pada 1812 masehi, masjid yang terletak di Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal.

Masjid Al-Falah dulu dibangun pada masa kepemimpinan Rio Agung Niat Tuangku Kitab. Dialah datuk rio (kepala desa) pertama Dusun Empelu atas perintah Pangeran Anom yang tinggal di Tanah Periuk.

Pertama kali, masjid itu berupa surau, dibangun dari kayu kulim, bak rumah panggung, yang terdiri dari beberapa tiang di dalamnya. Atapnya dari rumbia. Orang-orang Dusun Empelu menamainya Surau Al-Hidayah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Aline
Editor: Aline
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved